Cara Migrasi Blogspot ke WordPress

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress – Blogger adalah sistem manajemen konten yang terkenal dan lugas. Ketika seseorang memutuskan untuk memulai sebuah blog, kemungkinan besar Blogger akan menjadi pilihan pertama di antara situs blog gratis lainnya.

Tidak ada yang salah atau aneh dengan keputusan itu. Platform ini dimiliki & dijalankan oleh Google, Anda hanya perlu beberapa klik untuk menyiapkan dasar-dasarnya, dan jangan lupa fakta bahwa platform ini sepenuhnya gratis.

Meskipun panduan ini akan mengajari Anda cara mentransfer semuanya ke WordPress yang dihosting sendiri yang kami sukai, jangan merasa bersalah memilih Blogger untuk permulaan awal Anda.

Namun jika Anda sudah membuka panduan ini, kemungkinan besar Anda ingin menjauh dari Blogger. Mungkin Anda ingin lebih serius tentang blogging,

dan platform gratisnya tidak cukup baik. Mungkin Anda menginginkan lebih banyak opsi penyesuaian atau Anda baru tahu bahwa sulit menghasilkan uang dengan menjalankan blog di Blogger.

Apa pun alasan Anda, kami menyambutnya. Ya, Blogger adalah platform lucu yang sempurna untuk pemula, tetapi sekarang Anda sudah terlalu besar, Anda harus mempertimbangkan untuk beralih ke WordPress.

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress – Step by Step

Jadi, sudahkah Anda membuat keputusan akhir untuk memindahkan blog? Tidak, jangan terlalu memikirkan itu sekarang! Kami menyambut baik keputusan Anda memulai situs WordPress yang dihosting sendiri adalah pilihan yang cerdas dan Anda akan mendapatkan keuntungan lebih dari yang Anda kira.

Karena Anda telah menginvestasikan begitu banyak waktu untuk Blogger, akan sangat disayangkan jika Anda melupakannya begitu saja. Meskipun tidak ada gunanya mentransfer beberapa posting dan gambar, kemungkinan besar Anda telah

menghabiskan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum menyadari manfaat WordPress. Jangan khawatir; jika Anda tetap bersama kami, kami akan menunjukkan cara mentransfer blog Anda dari Blogger ke WordPress dalam waktu singkat.

Apa yang harus dan akan ditransfer?

Sebelum kita mulai, alangkah baiknya mengetahui beberapa detail.

Di dunia yang sempurna, Anda akan pergi ke satu blog, mengklik tombol untuk mengekspornya, dan secara ajaib itu akan muncul di situs web yang dihosting sendiri. Meskipun masih tidak memungkinkan, kami di First Site Guide menawarkan pengganti keajaiban. Izinkan kami memindahkan situs Blogger Anda ke WordPress yang dihosting sendiri.

Sayangnya, tidak mungkin mentransfer seluruh situs seperti yang terlihat di Blogger. Gaya blog Anda (tema, ekstensi, font, warna, widget, dll.) harus ditambahkan secara terpisah. Anda hanya dapat mentransfer data:

  • Posting dan halaman
  • Komentar
  • Kategori
  • Media
  • Permalink
  • Memberi makan
  • Penulis
  • Lalu lintas

Mulai Migrasi Blogspot ke WordPress

Baiklah, kita semua siap untuk pergi. Meskipun pasti membutuhkan waktu untuk melakukan setiap langkah dengan benar, memindahkan blog Anda dari Blogger ke WordPress tidaklah sulit bahkan jika Anda benar-benar pemula. Jangan terburu-buru dan jangan melewatkan langkah.

1. Pilih hosting WordPress terbaik

Karena Anda pindah ke WordPress yang dihosting sendiri, langkah pertama adalah menemukan perusahaan hosting WordPress yang akan menangani file Anda. Anda perlu menginstal WordPress di host tersebut, dan Anda harus mempercayai perusahaan tersebut. Anda memulai blog yang serius sekarang, jadi Anda tidak boleh menerima begitu saja.

Ada lusinan perusahaan hosting yang menyediakan layanan hosting WordPress. Juga, ada ratusan (bahkan lebih) situs web yang membandingkannya. Tetapi sebelum Anda menekan tombol pencarian di Google atau mesin pencari lain pilihan Anda untuk mulai membaca semua ulasan, kami harus memperingatkan Anda bahwa banyak situs & ulasan berbayar. Jadi, pada akhirnya Anda akan membaca ulasan palsu dan opini palsu tentang perusahaan hosting yang membayar agar terdaftar sebagai yang terbaik.

Pilih hosting WordPress terbaik

Langkah Satu – Dapatkan kesepakatan

Dengan mengikuti tautan ini, Anda akan mendapatkan penawaran hosting premium yang sama di Bluehost dengan harga lebih murah. Untuk memastikan semuanya baik-baik saja, Anda harus melihat harga $2,75, bukan harga reguler $7,99 per bulan. Klik tombol “Mulai Sekarang” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah Kedua – Pilih paket harga Anda

Meskipun layar sebelumnya menunjukkan paket paling terjangkau, kesepakatan ini memungkinkan Anda memilih salah satu paket Bluehost dengan harga lebih murah. Paket Dasar terbatas pada satu situs web dan ruang situs web sebesar 50GB, tetapi paket ini tetap memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk memulai. Tetapi ketika Anda melebihi paket Basic, itu mudah untuk ditingkatkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat ini.

Langkah Tiga – Nama Domain

Bluehost memberi Anda domain gratis. Sekarang saatnya memilih satu untuk blog. Ini adalah bagian penting, jadi jangan anggap remeh. Setelah siap, ketik nama domain dengan hati-hati, dan klik “Berikutnya”.

2. Instal WordPress

Instal WordPress

Selamat! Anda telah bergabung dengan jutaan blogger bahagia yang mempercayakan situs mereka ke Bluehost. Anda akan segera menyadari bahwa itu adalah pilihan yang cerdas. Sekarang setelah akun Anda siap, Anda dapat melanjutkan dan menginstal WordPress.

Apakah kami menyebutkan bahwa Bluehost menyukai pengguna WordPress? Karena itu, Anda dapat menginstal WordPress hanya dengan beberapa klik tombol mouse:

  • Masuk ke akun cPanel Bluehost Anda
  • Silakan masuk ke bagian Website
  • Pilih Instal WordPress
  • Klik tombol Instal
  • Pilih nama domain untuk menginstalnya (di bidang di sebelahnya, Anda dapat memasukkan subfolder seperti ‘blog’ atau biarkan kosong jika Anda ingin halaman utama situs menjadi blog)
  • Sekarang klik “opsi lanjutan” jika Anda ingin mengubah alamat email, nama pengguna, dan kata sandi untuk instalasi WordPress yang baru
  • Baca perjanjian lisensi dan layanan dan centang kotak jika Anda setuju dengan semuanya (Anda harus setuju untuk melanjutkan)
  • Klik tombol Instal Sekarang
  • Ini jelas merupakan cara termudah untuk menginstal WordPress. Jika Anda hanya mencoba memindahkan blog sesegera mungkin, kami merekomendasikan opsi itu.

3. Ekspor blog Anda dari Blogger

Ekspor blog Anda dari Blogger

Ini dia. Akhirnya saatnya untuk mengekspor data dari blog Anda (sebut saja yang lama) yang telah Anda mulai di Blogger. Anda harus mengambil semua data darinya dan menyimpannya ke dalam file. Jangan khawatir; Anda tidak perlu membuat file secara manual atau menyalin data. Sebenarnya ada tombol yang perlu Anda klik dan semuanya akan dilakukan dalam sekejap:

  1. Masuk ke akun Blogger Anda
  2. Buka Pengaturan -> Lainnya yang akan membuka halaman pengaturan
  3. Di bagian atas halaman, temukan bagian “Impor & cadangan”.
  4. Temukan dan klik tombol “Cadangkan Konten”.
  5. Jendela pop-up akan muncul. Klik tombol “Simpan di komputer Anda”.
  6. Setelah mengklik tombol tersebut, Blogger akan mulai mengunduh file XML yang berisi semua data penting dari blog Anda. Bergantung pada seberapa banyak konten yang Anda miliki, file mungkin lebih kecil atau lebih besar. Anda akan memiliki file bernama blog dengan tanggal ekspor. Misalnya “blog-05-06-2019.xml”.
  7. Temukan file (Anda dapat menyalinnya ke desktop sehingga Anda dapat menemukannya dengan lebih mudah) dan Anda secara resmi selesai mengekspor. Bagian ini tidak terlalu menakutkan, bukan?

4. Impor data ke WordPress

Jika Anda belum melewati langkah-langkah panduan ini, Anda sudah memiliki akun hosting dan situs WordPress yang siap disiapkan. Mari impor data dari Blogger ke WordPress:

  • Masuk ke situs WordPress Anda
  • Pergi ke Alat -> Impor
  • Temukan Blogger di daftar (itu harus menjadi opsi pertama, di atas daftar)
  • Klik tautan “Instal sekarang” dan tunggu beberapa detik hingga WordPress selesai menginstal plugin
  • Setelah penginstalan selesai, WordPress akan menampilkan notifikasi jika alat berhasil diinstal. Notifikasi yang sama akan memiliki link untuk menjalankan importir. Alternatifnya, Anda dapat mengeklik tautan
  • Jalankan Pengimpor dari tempat yang sama tempat Anda menemukan tautan pemasangan.

Impor data ke WordPress

5. Tetapkan seorang penulis

Jika Anda memiliki banyak postingan di blog Blogger Anda, mungkin sulit untuk mengenalinya tanpa mengubah penulisnya. Itu terutama benar jika Anda mengimpor blog ke situs

WordPress yang sudah berjalan. Untuk membantu Anda dengan itu, WordPress memungkinkan Anda menugaskan kembali pembuat item yang diimpor ke pengguna situs yang sudah ada.

6. Menyiapkan permalink

Konten berhasil diimpor, dan Anda selangkah lebih dekat untuk menambahkan seluruh blog Blogger Anda ke situs WordPress baru yang dihosting sendiri. Permalink adalah URL yang digunakan WordPress saat mengatur posting & halaman. Setiap posting, halaman,

file media, dll. Harus memiliki permalink unik (alamat) agar berfungsi dengan baik. Permalink mungkin berdampak besar pada situs dan SEO Anda. Dan meskipun Anda dapat menyiapkannya sesuai keinginan saat memulai situs web baru, kami akan menyarankan pendekatan yang berbeda saat mengimpor situs dari Blogger.

Blogger menggunakan bulan & nama untuk membedakan permalink. Jadi, jika Anda pergi ke salah satu posting Blogger Anda, Anda akan melihat tampilannya seperti ini: https://demoblog.blogspot. com/2019/05/this-is-post-title.html

Untuk menjaga semuanya tetap teratur, kami menyarankan untuk mengubah struktur permalink di WordPress agar semirip mungkin dengan yang ada di Blogger:

  • Buka Pengaturan -> Permalinks
  • Pilih opsi “Bulan dan Nama”.
  • Gulir ke bawah dan klik tombol “Simpan perubahan”.

7. Alihkan konten lama ke konten baru

Inilah bagian yang sangat penting. Jika Anda telah menjalankan blog Blogger Anda untuk sementara waktu, Anda pasti memiliki pengaruh pada mesin pencari.

Kami juga percaya bahwa Anda telah membagikan postingan baru melalui media sosial, dan telah memperoleh beberapa kunjungan rutin ke situs tersebut. Hal terburuk yang bisa terjadi jika Anda memindahkan blog Anda adalah mengabaikan situs lama dan pengunjung yang masih mampir ke alamat lama.

Blogger adalah anak Google, jadi tautan ke blog Blogger Anda penting untuk SEO (pengoptimalan mesin telusur). Bahkan jika Anda berhenti memposting di platform, tautan lama masih penting bagi Google dan mesin telusur lainnya.

Daripada kehilangan semua pengunjung yang memutuskan untuk mampir ke blog lama, sebaiknya arahkan mereka ke situs WordPress self-hosted baru yang baru saja Anda siapkan.

Agar ini berfungsi, Anda perlu mengatur pengalihan di situs Blogger dan WordPress Anda.

Kesimpulan

Karena Blogger menyediakan fitur dasar untuk membuat blog sederhana, migrasi dari Blogger ke WordPress diperlukan untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak dan lebih baik untuk mengembangkan situs Anda begitu Anda mulai menghasilkan uang dari blogging atau online. Saat mentransfer, penting untuk tidak mengabaikan beberapa langkah penting yang akan membantu meneruskan lalu lintas dan metrik SEO.

Berikut rekap cara memindahkan situs Anda dari Blogger ke WordPress tanpa memengaruhi SEO:

  1. Temukan hosting WordPress yang akan memenuhi kebutuhan Anda, lalu instal CMS.
  2. Transfer konten situs Anda secara manual dengan mengunduh file XML dari Blogger, lalu mengunggahnya ke WordPress.
  3. Aktifkan plugin Pengalihan Blogger Ke WordPress untuk secara otomatis mengarahkan pengunjung dan mesin telusur ke situs baru Anda.

Pastikan untuk membaca panduan kami tentang cara memulai blog untuk mengetahui langkah-langkah pasca migrasi untuk menyelesaikan penyiapan blog Anda.

Related Posts
Panduan Lengkap: Cara Membuat Polling di Whatsapp Group dengan Mudah
Cara Membuat Polling di Whatsapp Group

Cari tahu cara membuat polling di Whatsapp Group dengan mudah dan efisien. Dengan panduan lengkap ini, Anda dapat mengorganisir polling Read more

Inilah Cara Sederhana Membuat Link Zoom Meeting untuk Kolaborasi Tanpa Batas
Cara Membuat Link Zoom Meeting

Panduan praktis tentang cara membuat link Zoom Meeting dengan mudah dan efisien untuk pertemuan online. Zoom telah menjadi platform populer Read more