Pengertian Saham Multibagger dan Cara Identifikasinya

Saham Multibagger – Investor terkenal Peter Lynch menciptakan istilah ‘multibagger’ untuk merujuk pada saham ekuitas perusahaan yang mampu menghasilkan pengembalian beberapa kali lebih tinggi daripada biaya akuisisi yang terkait. Tepatnya, saham ekuitas semacam itu memberi investor mereka pengembalian lebih dari 100 persen.

Pilihan investasi yang bagus, saham multibagger ditemukan di industri dengan pertumbuhan tinggi dan ruang lingkup pertumbuhannya sangat besar. Memiliki fundamental yang kuat, saham multibagger cenderung undervalued yang menjadikannya pilihan investasi yang ideal.

Perusahaan semacam itu memiliki teknik produksi yang sangat baik dan menampilkan manajemen yang baik. Mencerminkan keterampilan penelitian dan pengembangan perusahaan yang unggul, saham semacam itu dapat menciptakan permintaan yang tinggi di pasar. Perusahaan yang memiliki saham tersebut dapat diskalakan dalam waktu singkat.

Saham Multibagger

Pengertian Saham Multibagger

Saham multibagger adalah saham ekuitas yang memberikan pengembalian lebih dari 100%. Istilah ini diciptakan oleh Peter Lynch dalam bukunya tahun 1988 One Up on Wall Street dan berasal dari bisbol di mana “tas” atau “basis” yang dicapai pelari adalah ukuran keberhasilan sebuah permainan. Misalnya, saham ten bagger adalah saham yang memberikan pengembalian sebesar 10 kali investasi, sementara saham dua puluh bagger memberikan pengembalian 20 kali.

Istilah ini sangat umum ketika membahas industri dengan pertumbuhan tinggi dan pasar negara berkembang seperti BRICS.[3] Seperti kebanyakan metrik investasi, kinerja masa lalu bukanlah jaminan pengembalian di masa mendatang, dan pengembalian multibag mungkin merupakan indikasi pertumbuhan berkelanjutan atau gelembung investasi.

Cara Mengidentifikasi Saham Multibagger

cara mencari saham multibagger

Saham multibagger dapat diidentifikasi dengan mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum berinvestasi di perusahaan tertentu. Hutang yang diambil perusahaan tersebut harus dalam batas yang wajar. Sementara apa yang masuk akal bervariasi antara industri yang berbeda, idealnya utang tidak boleh melebihi 30 persen dari nilai ekuitas.

Kinerja perusahaan sebelumnya harus diperhatikan karena dapat menunjukkan apakah pendapatannya memiliki kapasitas untuk meningkat secara stabil atau tidak. Jika operasi perusahaan dapat diskalakan dengan mudah, sahamnya mungkin bisa menjadi multibagger.

Memahami digit pendapatan dan sumber pendapatannya bisa mencerahkan. Selain itu, menyadari setiap dan semua perubahan besar – yang berkaitan dengan model bisnis atau struktur dan manajemennya dapat berdampak pada operasi perusahaan.

Nilai Multibagger

Saham Multibagger Terbaik dikenal menghasilkan banyak sekali kekayaan karena pengembalian yang mereka berikan sangat besar. Namun, berinvestasi dalam saham semacam itu membutuhkan pembelian dalam jumlah besar untuk menghasilkan kekayaan.

Artinya jika mereka mengalami kerugian; mereka memiliki potensi untuk menjadi sangat merugikan. Saham semacam itu juga bisa terjebak sebentar dalam gelembung ekonomi. Namun, ketika gelembung ini muncul, investor dapat mengalami kerugian ekstrem.

Bagi orang awam yang baru saja mulai bermain pasar saham dan memiliki dana terbatas, saham multibagger mungkin bukan investasi yang paling bijak. Sebaliknya, mereka mungkin lebih cocok untuk berinvestasi di reksa dana.

Alternatif untuk Multibagger

Reksadana memberi investor mereka portofolio terdiversifikasi yang terdiri dari saham, obligasi, atau sekuritas lainnya. Portofolio ini dikelola secara profesional untuk investor dengan harga murah. Reksadana ada dalam beberapa bentuk dan mewakili banyak pertimbangan termasuk jenis sekuritas yang diinvestasikan,

tujuan investasi dan pengembalian yang dicari. Sebagian besar uang yang ada dalam dana pensiun yang disponsori pemberi kerja dialokasikan untuk reksa dana. Penting untuk dicatat bahwa reksa dana membebani investor dengan biaya tahunan yang disebut rasio pengeluaran. Ini berpotensi mempengaruhi pengembalian keseluruhan.

Kesimpulan

Kehadiran reksa dana online telah memudahkan individu untuk berinvestasi di pasar saham. Untuk berinvestasi di reksa dana online, investor harus melakukan penelitian menyeluruh terlebih dahulu. Internet dapat menjadi alat yang berguna untuk memberikan informasi tentang reksa dana untuk berinvestasi sekarang.

Related Posts
Cara Riset FB Ads untuk Adsen Berdasarkan Negara
Cara Riset FB Ads untuk Adsen Berdasarkan Negara

Menemukan strategi FB Ads yang efektif berdasarkan negara untuk meningkatkan pendapatan AdSense Anda dengan riset yang tepat. Dalam dunia pemasaran Read more

Cek Bantuan KIS: Panduan Lengkap Mengenai Program Bantuan Sosial
Cek Bantuan KIS

Periksa Bantuan Kartu Indonesia Sehat untuk Informasi Kesehatan dan Perlindungan Sosial Terkini. Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah salah satu Read more