Seo Backlinks 2022 – Sejak kemunculannya, Google telah melaporkan lebih dari 3.000 perubahan pada algoritmenya. Itu adalah sesuatu yang dimulai sebagai konsep yang melibatkan tautan ke halaman web tertentu yang menawarkan konten berkualitas tinggi dan bebas plagiarisme. Saat ini, setelah ratusan pembaruan algoritme, backlink masih menjadi strategi terpenting untuk membawa situs web Anda ke puncak SERP.
Apakah situs web Anda adalah blog, toko e-niaga, portal web, atau yang lainnya, menempatkan halaman web Anda di posisi kata kunci teratas mungkin menjadi prioritas bagi Anda. Dan mengapa tidak? Peringkat di Google adalah salah satu cara terbaik untuk menarik pengunjung.
Membuat konten yang SEO-friendly dan membangun backlink dari situs web ternama dapat membuat perbedaan besar bagi bisnis Anda. Meningkatkan jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke situs web Anda berdampak besar pada peringkat mesin pencari dan meningkatkan kinerjanya dalam hal mengarahkan lalu lintas.
Pengertian Tentang Backlink
Dikenal juga sebagai link masuk atau inbound link, backlink adalah link dari satu website ke website lain. Terbukti bahwa halaman yang memiliki backlink, cenderung memiliki peringkat mesin pencari organik yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa beberapa situs web berinvestasi dalam layanan pembuatan tautan label putih dan strategi SEO lainnya.
Mengapa Backlink begitu penting?
Tautan balik menandakan persetujuan atau pemungutan suara, jika Anda mau, dari satu situs web yang memiliki reputasi baik ke situs web lain. Ini membantu Google mengenali bahwa konten memberikan informasi yang relevan dan kredibel. Sekarang seperti di pemilu, semakin banyak suara yang Anda dapatkan, semakin besar peluang Anda untuk menang. Dalam hal ini, kemungkinan situs web Anda menarik perhatian Google lebih tinggi.
Tautan balik pada dasarnya memberikan konfirmasi bahwa situs web lain mempercayai konten Anda. Mesin pencari dapat berasumsi bahwa informasi Anda layak untuk ditautkan dan, dengan demikian, layak dilihat di SERP (halaman hasil mesin pencari) karena banyak situs web menautkan ke halaman web atau domain. Oleh karena itu, memperoleh backlink ini dapat menguntungkan peringkat situs atau visibilitas pencarian.
Apa yang membuat backlink berharga?
Backlink berbeda dalam kualitas dan nilai. Misalnya, jika situs web Anda ditautkan ke situs web bereputasi tinggi seperti Wikipedia, yang dipercaya Google untuk informasi faktual, backlink akan sangat membantu. Jadi, kredibilitas situs yang menautkan Anda juga penting bagi Google, bukan hanya tautan itu sendiri.
Sebaiknya juga jika teks jangkar tautan Anda berisi kata kunci target Anda. Sederhananya, Anda ingin tautan Anda memanfaatkan kata kunci yang telah Anda targetkan di konten Anda. Namun, tautan tersebut akan tetap dihitung sebagai suara meskipun tidak menggunakan kata kunci.
Relevansi adalah kuncinya di sini, Anda ingin menautkan situs web Anda ke situs web terkait topikal. Misalnya, jika Anda menulis artikel tentang berenang, Google akan melihat lebih banyak tautan ke situs-situs tentang kebugaran, renang, peralatan renang, dan perawatan kesehatan. Tetapi jika Anda menautkan artikel Anda ke situs yang sama sekali tidak terkait, kemungkinan Google akan mengidentifikasi konten Anda sebagai tidak berharga.
Tautan ke situs web memiliki nilai yang beragam, jadi beberapa tautan balik yang Anda dapatkan bernilai lebih dari yang lain. Berbagai faktor yang berkaitan dengan halaman yang Anda tautkan. Misalnya, otoritas halaman, konten, aksesibilitas mesin telusur, dll., ditambah teks jangkar yang Anda gunakan, serta apakah tautan tersebut memiliki atribut ikuti atau tidak ikuti, dan jika ada tag meta tambahan yang terhubung ke halaman yang menghubungkan , adalah semua faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai tautan.
Jenis-Jenis SEO Backlinks 2022
Dampak backlink pada profil SEO Anda ditentukan oleh elemen khusus dalam kode sumber yang mengontrol bagaimana Google dan mesin pencari lainnya mengevaluasi backlink tersebut. Ketika datang ke jenis Backlink, ada dua jenis utama: do-follow dan no-follow. Meskipun kedua backlink ini berbeda, pembaca tidak akan dapat membedakannya.
Do-follow Backlink
Jenis tautan yang paling penting untuk mendapatkan SEO, tautan do-follow menandakan ke mesin telusur bahwa informasi pada halaman yang ditautkan patut diperhatikan. Tautan do-follow dalam sebuah artikel menyiratkan bahwa situs tersebut ingin Google mencatat bahwa konten di ujung lain dapat menambah pengetahuan pada artikel tersebut.
Dan dengan demikian, mereka sering digunakan sebagai tautan referensi dalam konten informatif di web. Dari perspektif UX, pengguna dapat mengikuti tautan untuk mempelajari lebih lanjut tentang subjek tersebut.
Tautan Balik No Follow
Backlink no-follow tidak sepenting backlink do-follow, dan SEO menggunakan link no-follow untuk memberi tahu mesin telusur agar mengabaikan link atau konten di sisi lain karena dianggap tidak relevan.
Meskipun link no-follow tidak begitu berharga dalam hal SEO, dan tidak akan membawa konten Anda ke peringkat teratas Google seperti do-follow, mereka masih memiliki tempat dalam strategi backlink. Penting untuk memiliki keseimbangan antara no-follow dan do-follow.
5 Backlink Teratas Yang Paling Berguna Untuk SEO
1. Link yang disebutkan di Bio
Tautan balik semacam ini tidak diikuti, dan terkadang Anda hanya akan mendapatkan tautan ini dari bio penulis. Banyak profil media sosial memiliki tautan tertentu di bio mereka; itu mungkin ditautkan ke situs web merek, blog, atau portal web.
Sekarang Anda pasti bertanya-tanya apakah tautan ini akan membantu SEO karena ini adalah backlink no-follow, tetapi banyak profil media sosial memiliki audiens yang besar, dan Anda bisa mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda dari pembaca yang penasaran.
Demikian juga, platform media sosial telah meroket dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membangun kehadiran online. Plus, berada di media sosial akan membantu Anda memahami audiens Anda dengan lebih baik.
2. Backlink Pengakuan
Situs biasanya menampilkan pengakuan ketika bisnis memberikan hadiah, mengirim perwakilan untuk berbicara di suatu acara, mensponsori pertemuan industri, dll. Dengan menggunakan tautan balik pengakuan ini, Anda dapat mengidentifikasi asal tautan balik pesaing Anda dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan lalu lintas ke situs Anda.
Jika ceruk Anda mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan audiens secara langsung atau dalam pertemuan virtual, manfaatkan backlink ini sebaik-baiknya. Sesuai dengan namanya, tautan ini merupakan pengakuan dari orang lain.
Misalnya, penyelenggara acara tempat Anda berbicara membuat referensi tentang Anda di situs web mereka atau memposting sesuatu di media sosial dengan tautan ke situs web Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan backlink do-follow yang relevan ke situs web Anda dan kesadaran merek dari mulut ke mulut.
3. Tautan Balik Editorial
Jenis tautan ini tidak murah, artinya, tautan tersebut hanya berasal dari situs web yang sangat otoritatif yang memiliki peringkat lebih tinggi dan biasanya sangat pilih-pilih tentang kiriman tamu.
Tautan balik editorial adalah tautan keluar yang biasanya Anda dapatkan dari situs kantor berita seperti New York Post, Forbes, atau The Guardian. Jika Anda pernah mendengar tentang publikasi besar ini, Anda dapat mengasumsikan jenis biaya yang harus Anda bayarkan untuk posting tamu.
Sekarang Anda mungkin berpikir mengapa Anda tidak dapat memilih situs kantor berita skala kecil untuk posting tamu. Tautan editorial berasal dari situs web andal dengan otoritas domain tinggi (yakni memiliki banyak konten berkualitas tinggi dan domain perujuk).
Tautan editorial bisa sangat berharga untuk situs web Anda. Misalnya, seorang penulis di posting New York menyebutkan tautan ke situs web Anda, tautan ini dapat mendatangkan banyak lalu lintas ke situs web Anda dan Google juga mengenali tautan balik yang berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik.
Seseorang memuji situs web Anda dengan tulisan mereka sendiri sebagai sumber.
Situs web Anda dikutip sebagai sumber informasi yang andal oleh seseorang.
Seseorang mengaitkan infografis, film, atau materi visual lainnya ke situs web Anda.
Situs web Anda disebutkan dalam kompilasi tautan ke artikel atau sumber daya yang bermanfaat.
Ada wawancara dengan perwakilan situs web Anda yang menyediakan tautan.
4. Posting Tamu
Posting tamu adalah tautan otoritas yang paling banyak digunakan dalam komunitas SEO. Tautan tamu dapat berbayar atau bahkan gratis, tetapi biasanya ini adalah perjanjian antara satu situs web dan situs web lainnya, di mana satu penulis akan menulis posting tamu untuk situs web lain dan mendapatkan tautan yang ditempatkan di dalam artikel yang ditautkan ke situs penulis.
Tidak diragukan lagi bahwa posting tamu bisa sangat berguna dan memberi banyak manfaat pada peringkat Anda. Namun tidak semua posting tamu membawa nilai. Tautan dari situs web tepercaya dan relevan menambah nilai lebih.
Misalnya, Anda adalah penulis blog yang menerbitkan konten olahraga, jadi untuk membuat backlink berkualitas tinggi, Anda meminta posting tamu dari situs penerbitan berita olahraga. Anda menulis kiriman tamu untuk mereka, dan mereka memasang tautan di kiriman yang ditargetkan ke situs web Anda.
Karena tautan keluar ditempatkan di bagian bio penulis tamu, tautan balik berbeda dengan tautan di artikel. Selain itu, akan lebih menguntungkan jika postingan tamu ditulis untuk situs web yang memiliki gaya dan ceruk yang mirip dengan situs web Anda.
5. Pillow Links
Kutipan, profil sosial, posting forum, siaran pers, direktori niche, dan komentar blog hanyalah beberapa contoh tautan balik yang termasuk dalam kategori “tautan bantal”. Pillow Links adalah backlink yang akan memberikan tampilan dan keaslian yang lebih beragam ke profil Anda. Kecuali jika situs Anda berada di ceruk dengan persaingan yang sangat rendah, tautan ini sebenarnya tidak menawarkan kekuatan peringkat semata. Mereka berfungsi sebagai perlindungan untuk aktivitas pembuatan tautan Anda yang lain.
Kuncinya di sini adalah konsistensi, tautan organik ini harus digunakan dalam langkah-langkah kecil dari proses pemeringkatan dan harus sering digunakan untuk membangun otoritas situs web Anda.